IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Nurfitriyati, Nurfitriyati (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SkripsI.pdf - Published Version Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang penerapan Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan bagaimana kurikulum, Metode, Media serta Evaluasi Pembelajaran yang diterapkan pada mereka di Skh Muara Sejahtera pada anak Tunarungu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni penelitian dalam pemecahan masalah dengan data Trianguasi yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap enam narasumber yaitu kepala sekolah, tiga guru dan dua murid. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus membutuhkan penyesuaian karena disesuaikan dengan kemampuan siswa. Terlebih lagi adanya penarikan guru-guru PNS sehingga diperlukannya penyesuaian. Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum khusus untuk anak ABK. Metode yang digunakan guru dominan penugasan dan tanya jawab serta dengan cara stimulus respon yaitu ditayangkannya video serta gambar-gambar. Untuk media menggunakan media gambar. Dalam evaluasi adanya post-test dan ujian tulis dan praktek saat UAS dan UASBN.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:26 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:26 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9221 |
Actions (login required)
View Item |