PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS VII DI SMP AL MUSLIM TAMBUN BEKASI

Kurnia, Reknaningsih (2019) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS VII DI SMP AL MUSLIM TAMBUN BEKASI. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran siswa kelas VII di SMP Al Muslim serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran siswa kelas VII di SMP Al Muslim Tambun Bekasi. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket yang penyajian datanya disajikan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator Tilawati, 3 orang guru dan 3 siswa di kelas Tilawati. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Alquran serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Tilawati kelas VII di SMP Al Muslim Tambun Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Alquran Siswa Kelas VII di SMP Al Muslim Tambun Bekasi berjalan dengan cukup baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar mengajar yang dapat dikelola dengan cukup baik oleh guru serta semangat dan keaktifan siswa/siswi di kelas Tilawati dalam mengikuti proses pembelajaran. Serta faktor pendukung berupa, tenaga pendidik yang sudah bersyahadah, kepribadian guru, kemampuan guru dalam penguasaan metode Tilawati, adanya guru pengganti, media pembelajaran yang tersedia serta minat belajar siswa. Adapun faktor penghambat berupa, kurang mampunya beberapa guru dalam pengelolaan kelas, sarana dan prasarana berupa ruang untuk pembelajaran Tilawati yang kurang serta kondisi siswa yang tidak siap belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:01
Last Modified: 12 Oct 2022 09:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item