PERBANDINGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM 2013: DAMPAKNYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SITI, RUBAIDAH (2019) PERBANDINGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM 2013: DAMPAKNYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (772kB) |
Abstract
Penelitian ini ingin mengetahui: 1) Apa urgensi pengembangan kurikulum? 2) Perbandingan antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 ke Kurikulum 2013?, dan 3) Bagaimana dampak perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 menjadi Kurikulum 2013 terhadap Pendidikan Agama Islam? Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui apa urgensi dari pengembangan kurikulum? 2) Untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dengan Kurikulum 2013? Dan 3) Apakah perubahan dan implementasi Kurikulum 2013 berdampak terhadap Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif teoritik atau library research atau penelitian studi pustaka dengan merujuk pada beberapa penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil dari penelitian adalah. Pertama, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 terbukti sudah tidak mampu menjawab berbagai problem dan masalah di dunia pendidikan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Urgensinya, kurikulum menjadi modal bagi pembangunan pendidikan sehingga inovasi dan perubahan kurikulum adalah sebuah keharusan dan keniscayaan. Kedua: Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 sama-sama berbasis kompetensi dan karakter. Bedanya dengan kurikulum lain, Kurikulum 2013 lebih fokus dan berangkat dari karakter serta kompetensi yang akan dibentuk, baru memikirkan untuk mengembangkan tujuan yang akan dicapai. Sedangkan kurikulum lain berangkat dari tujuan yang akan dicapai terlebih dulu. Ketiga, Implementasi Kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik dan kontekstual berpengaruh atau berdampak bagi peserta didik sehingga mereka mampu mandiri, meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji, dan menginternalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Hal ini nampak pada mata pelajaran dan program tahfidz dan tahsin di SD Muhammadiyah Jogokariyan yang menjadi program unggulan. Serta nampak pada siswa yang mendapatkan nilai rata-rata baik untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sedikit sekali yang mendapat nilai rendah seperti di SMA Negeri 8 Tangerang Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 09:01 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 09:01 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9210 |
Actions (login required)
View Item |