PENGARUH MODEL ASSURE BERBANTUAN MEDIA IKLAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI

Faznur, Lutfi Syauki and Jayanti, Sari (2020) PENGARUH MODEL ASSURE BERBANTUAN MEDIA IKLAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI. In: (SAMASTA) Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 13 Mei 2020, Jakarta.

[img] Text
4468 - Published Version

Download (19kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan pada penelitian ini model ASSURE berbantuan media iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model ASSURE berbantuan media iklan dan tanpa menggunakan media iklan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan Depok dengan populasi kelas VIII berjumlah 83 siswa dan sampel 43 siswa, 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa sebagai kelas kontrol. Media yang digunakan pada penelitian ini adalah media iklan. Pengaruh model ASSURE terhadap keterampilan menulis karangan persuasi lebih baik dibandingkan tidak menggunakan media iklan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan thitung sebesar 4,487 dan ttabel sebesar 1,960. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media iklan memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis karangan persuasi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 Sawangan Depok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk para pengajar. Kata kunci: keterampilan menulis persuasi, model ASSURE, media iklan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Indonesian Language and Literature Education / Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (PBSI)
Depositing User: Lutfi Syauki Faznur
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:32
Last Modified: 26 Aug 2020 04:32
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item