Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi untuk Guru PAUD
Winata, Widia and Suryadi, Ahmad and Lestari, Mas Roro Diah Wahyu and Khasanah, Ismatul and Munawar, Indra (2022) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi, 6 (5). pp. 4930-4941. ISSN 25498959
Text (Artikel jurnal ilmiah hasil penelitian)
Widia-Obsesi-2022.pdf - Published Version Download (377kB) |
Abstract
Pandemi covid-19 mengakibatkan guru tidak dapat mengikuti pelatihan karena akses pertemuan tatap muka ditutup. Kondisi ini mengharuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuat Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berjenjang Tingkat Dasar untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Moda Daring Kombinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan Learning Management System (LMS) moda daring kombinasi untuk diklat tersebut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan dan diskusi pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan LMS mengikuti langkah; penyusunan pedoman diklat, pemetaan strategi pembelajaran diklat, digitalisasi modul diklat, uji keterbacaan konten diklat, tindak lanjut uji keterbacaan konten diklat, finalisasi keterbacaan konten diklat, dan peluncuran LMS dalam Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Anak Usia Dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diklat; moda daring kombinasi; paud |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S2 Master of Technology Education / Magister Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Dr Widia Winata |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:31 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 07:31 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8782 |
Actions (login required)
View Item |