DAMPAK GAME ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

MUSTIKA, RAHMADANI (2022) DAMPAK GAME ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pesatnya perkembangan zaman di modern ini telah menghasilkan banyak alat-alat canggih, yang merupakan dapat mempermudah kehidupan manusia sehari-hari, salah satunya yaitu smartphone. Terciptanya smartphone sebagai alat untuk mempermudah aktivitas sehari-hari termasuk dalam kegiatan pembelajaran peserta didik. Tetapi, saat ini banyak orang yang menggunakannya untuk hal-hal yang kurang berguna seperti bermain game online. Yang tanpa disadari bisa berdampak negatif kepada mahasiswa khususnya dalam tugas dan kewajibannya sebagai seorang mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan serta menjelaskan dampak positif game online pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. (2) Untuk mendeskripsikan serta menjelaskan dampak negatif game online pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. (3) Untuk mendeskripsikan implikasi pada perilaku belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dampak game online pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini mengambil lima orang narasumber. Yang terdiri dari beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan Tahun Akademik 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dampak positif bermain game online pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah mendapatkan penghasilan dalam bermain game, menghilangkan stress dan bosan, membuat senang dan semangat menjadi good mood (suasana hati menjadi baik), memiliki banyak teman baru, melatih kesabaran dalam bermain game, dan juga bisa menjadi terkenal lewat Sosial Media. (2) Dampak negatif bermain game online pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah kecanduan, kurang tidur, membuat mata sakit, menghabiskan uang untuk membeli paket internet, lupa dengan tugas-tugas kuliah, lupa Shalat dan berpotensi menimbulkan stress jika mengalami kekalahan dalam bermain. (3) Implikasinya terhadap perilaku belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam adalah kebiasaan mereka bermain game v online mengakibatkan lupa dengan kewajiban-kewajiban mereka seperti aktivitas belajar dan termasuk juga tugas mereka menjadi umat muslim. Di sebabkan disaat waktu untuk mengerjakan tugas atau waktu untuk istirahat mereka gunakan untuk bermain game online. Jika dibiarkan mahasiswa bermain secara berlebihan akan membawa dampak kepada Program Studi Pendidikan Agama Islam bahwa masih ada calon guru yang masih tidak peduli dengan pendidikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Jul 2022 09:57
Last Modified: 13 Jul 2022 09:57
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item