RELASI PROSES PEMBELAJARAN ANTARA GURU DAN MURID (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DAN IBNU JAMA’AH)

ANISA, SHALIHAH (2022) RELASI PROSES PEMBELAJARAN ANTARA GURU DAN MURID (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DAN IBNU JAMA’AH). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu masalah yang masih sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah adanya relasi guru dan murid yang tidak baik didalam sekolah maupun diluar sekolah, karena kesusksesan dalam proses pembelajaran dapat diraih dengan mudah oleh murid apabila interaksi atau hubunganya dengan guru berjalan dengan baik. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis relasi antara guru dan murid didalam pembelajaran dan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Ibnu Jama’ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pada penelitian ini menggunakan sumber primer yang berasal dari kitab Adabul Alim Wal Muta’allim, karya KH. Hasyim Asy’ari dan kitab Tadzkiratus Saami’ Wal Mutakallim fii Adabil ‘Alim Wal Muta’alim, karya Ibnu Jama’ah. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, dan tahap pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah kitab Adabul Alim Wal Muta’allim dan Tadzkiratus Saami’ Wal Mutakallim fii Adabil ‘Alim Wal Muta’allim. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam hal ini relasi antara guru dan murid menurut pemikiran KH. Hasyim Asy’ari didasari pada penghormatan yang besar dari muridnya, dan cinta kasih sayang dari gurunya. Sedangkan menurut pemikiran Ibnu Jama’ah, relasi guru dan murid didasari pada akhlak, yang dimana akhlak sangat penting bagi murid sebagai penerus bangsa. KH. Hasyim Asy’ari dan Ibnu Jama’ah mengemukakan relasi antara guru dan murid didasari kedalam tiga katagori, yaitu etika guru terhadap murid, etika murid terhadap guru, dan etika murid dan guru didalam pembelajaran. Dalam ketiga konsep tersebut terdapat persamaan dan perbedaan diantara pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Ibnu Jama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:28
Last Modified: 12 Jul 2022 08:28
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8666

Actions (login required)

View Item View Item