UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS AR RAHMAH UJUNG KRAWANG CAKUNG JAKARTA TIMUR

Fajar, Mario Izani (2022) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS AR RAHMAH UJUNG KRAWANG CAKUNG JAKARTA TIMUR. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Akhlak merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari kesempurnaan tujuan pendidikan Islam. Pendidikan akhlak adalah pondasi yang penting dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, guna menciptakan manusia yang bertaqwa dan menjadi seorang muslim yang sejati. Untuk itu, perlu diketahui bagaimana perencanaan program dan implementasi Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan nilai-nilai Akhlakul Karimah peserta didik di MTs Ar Rahmah Ujung Krawang Cakung Jakarta Timur, serta apa saja faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program dan implementasi Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan nilai-nilai Akhlakul Karimah peserta didik di MTs Ar Rahmah Ujung Krawang Cakung Jakarta Timur serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisa data, dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Guru Akidah Akhlak di MTs Ar Rahmah Ujung Krawang dalam meningkatkan Akhlakul Karimah peserta didik adalah dengan memberi salam terhadap yang lebih tua, menyapa teman. Kemudian bimbingan guru disini juga sangat diperlukan serta memotivasi peserta didik supaya tidak melakukan hal tersebut lagi. Adapun implementasi program Guru Akidah Akhlak di MTs Ar Rahmah adalah dengan kegiatan berdoa diawal pembelajaran, pada tahap pengembangan pembelajaran dengan metode nasehat, keteladanan dan pembiasan, serta perencanaan penggunaan media audio dan media visual dalam pembelajaran. Faktor pendukung dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik adalah sarana dan prasarana, faktor pendidik, dan faktor peserta didik, sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor orang tua dan pengaruh negatif dari lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:28
Last Modified: 12 Jul 2022 08:28
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8665

Actions (login required)

View Item View Item