UPAYA GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 16 TANGERANG SELATAN, BANTEN

Novidatun, Ni’mah (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 16 TANGERANG SELATAN, BANTEN. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Pembelajaran daring memiliki beberapa keterbatasan antara lain: kurangnya interaksi antara guru dan siswa, pengawasan dan pemantauan akhlak siswa secara langsung lebih sulit sehingga upaya guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa berbeda dibanding sebelum pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 16 Tangerang Selatan, Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data primer adalah guru PAI sebanyak 4 orang dan siswa kelas IX, sedangkan sumber data sekunder adalah kepala sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, guru Bimbingan Konseling, dan orang tua siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman (1994) dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data, teknik waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program pembinaan akhlakul karimah siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 16 Tangerang Selatan adalah program pembelajaran di kelas yang diatur dalam kurikulum yang telah disederhanakan melalui KD esensial sesuai Permendikbud, program Rohis hanya dilakukan dengan kegiatan tahsin secara virtual, program tadarus Al-Qur’an di hari jum’at dengan metode tallaqi dipimpin guru secara virtual, program pembiasaan sholat berjamaah hanya saat PTMT, program kerjasama dibuat grup antara orang tua siswa dengan wali kelas. Sedangkan pada masa normal (offline) program Rohis dilakukan dengan kegiatan tahsin di musholah, marawis, pelatihan bahasa arab, kajian islami, pelatihan pidato, program tadarus Al-Qur’an jum’at pagi di lapangan dengan metode tallaqi,siswa pembawa acara dan pidato. 2) Implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 16 Tangerang yaitu bahwa program dilaksanakan secara daring di rumah melalui media online,antara lain; pelaksanaan pembelajaran, Rohis dan tadarus Al-Qur’an. 3) Hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala oleh guru PAI menunjukkan akhlak siswa dilihat dari kepatuhan peraturan sekolah saat pembelajaran daring baik 4) Faktor pendukung upaya guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa pada masa pandemi Covid�19 adalah fasilitas, pendampingan orang tua dan komitmen guru di sekolah. Faktor penghambatnya yaitu lingkungan pergaulan yang tidak baik dan rendahnya pengawasan orang tua dan guru dalam penggunaan handphone.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:28
Last Modified: 12 Jul 2022 08:28
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item