UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA (Studi Kasus di SMPN 03 Tangerang Selatan)

Mahardika, Arief Pratama (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA (Studi Kasus di SMPN 03 Tangerang Selatan). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur‟an Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 03 Tangerang Selatan), metode yang digunakan, serta faktor pendukung dan penghambat Upaya Guru PAI dalam Membaca Al-Qur‟an Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Hal ini guna menggali informasi yang akan menjadi dasar-dasar dari rancangan teori yang muncul. Data diperoleh dari buku-buku, jurnal, dokumentasi dan undang-undang. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pihak sekolah SMP Negeri 03 Tangerang Selatan. Adapun pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa, tempat, benda, dan gambar. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal�hal yang berupa catatan, transkip, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an pada siswa adalah Guru PAI memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memberikan nasihat-nasihat, menumbuhkan minat siswa, dan menerapkan metode efektif yang digunakan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an. (2) Faktor penghambat para siswa dalam membaca Al-Qur‟an karena kurangnya motivasi dan pengertian dari orang tua akan pentingnya mempelajari Al-Qur‟an, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya mempelajari Al-Qur‟an, dan adanya perbedaan kemampuan disetiap anak yang berpengaruh pada metode pembelajaran. (3) Faktor pendukung dari siswa dalam membaca Al-Qur‟an ialah dengan adanya dorongan antara sesama Guru-guru Pendidikan Agama Islam, Guru-guru lainnya yang bukan dari guru Pendidikan Agama Islam dan juga dari para pegawai/karyawan di SMP Negeri 03 Tangerang Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:05
Last Modified: 05 Jul 2022 02:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8653

Actions (login required)

View Item View Item