UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN TAHSINUL AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BINA PUTRA JAKARTA

Nabila, Dzahara Maulidya (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN TAHSINUL AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BINA PUTRA JAKARTA. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan membaca Al�Qur’an adalah yang pertama, kurang nya kemauan siswa dalam belajara Al-Qur’an karena siswa terlalu sering menghabiskan waktu dengan bermain dari pada meluangkan waktunya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, yang kedua kurang nya perhatian orang tua, ketiga lingkungan yang mendukung. Menyikapi hal ini tentunya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengupayakan peningkatan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Putra Jakarta sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan baca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Putra Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas X, sedangkan sumber data sekunder antara lain yaitu arsip data dan dokumen resmi SMK Bina Putra Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan baca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Putra Jakarta adalah siswa sudah mampu dan lancar membaca Al-Qur’an dengan tajwid, hasil dengan menggunakan metode klasikal, individual, drill (latihan) dan pemberian tugas. Sedangkan faktor pendukung nya yaitu adanya program pembiasaan tadarus di tiap awal pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai sehingga bisa tercapai pembelajaran yang efektif. Faktor penghambatnya yaitu kurang nya reward yang di berikan guru kepada peserta didik dan punishment yang tegas kepada peserta didik, kurang nya motivasi dalam pembelajaran khususnya dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:05
Last Modified: 05 Jul 2022 02:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item View Item