Persepsi Siswa Terhadap Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Al-Fajar Kedaung Pamulang Tangerang Selatan

Deni, Oktakiawan (2022) Persepsi Siswa Terhadap Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Al-Fajar Kedaung Pamulang Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada persepsi siswa di SMP Islam Terpadu (IT) Al�fajar Kedaung Pamulang terhadap sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan faktor-faktor penunjang dan penghambat sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu (IT) Al-Fajar Kedaung Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Islam Terpadu (IT) Al-Fajar Kedaung Pamulang. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data adalah dengan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi positif siswa pada sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain motivasi belajar, tujuan pembelajaran, dan metode pembelajaran. Sedangkan persepsi negatif siswa antara lain prosedur pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Selain itu, faktor penunjang pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu faktor teknologi dan lingkungan, sedangkan faktor penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain faktor intelektualitas pengajar, sarana dan prasarana, dan perbedaan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:05
Last Modified: 05 Jul 2022 02:05
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8649

Actions (login required)

View Item View Item