UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA NEGERI 4 TANGERANG SELATAN

Fadlillah, Refotrika Sulistyo (2020) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA NEGERI 4 TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi, upaya dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru PAI. Salah satu kendala yang dihadpi adalah yang pertama, kurangnya sarana praktikum ibadah dalam proses pemandian jenazah atau sholat jenazah belum memiliki alat seperti boneka atau kain kafan. yang kedua, dari siswa itu sendiri, terkadang malas untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Quran. Menyikapi hal ini tentunya peran Kepala Sekolah dalam mengupayakan peningkatan Profesionalisme Guru PAI di SMA Negeri 4 Tangerang Selatan sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di SMA Negeri 4 Tangerang Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kurikulum, guru PAI, sedangkan sumber data sekunder yaitu arsip data dan dokumen resmi SMA Negeri 4 Tangerang Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancar, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMA Negeri 4 Tangerang Selatan yaitu dengan kepemimpinan yang demokratis, yang berarti pemimpin yang baik untuk kelompok, yang bertugas mengkoordinasikan pekerjaan dan tugas semua jajaran guru dengan rasa tanggung jawab, mendengar pendapat, kritik dan saran dari bawahannya, dengan langkah yang harus dijalankan yaitu dengan peningkatan proses belajar mengajar yang sangat tergantung kepada profesionalitas seorang guru yang dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan dalam menghantarkan siswa untuk mencapai tujuan yang direncanakan. Sedangkan faktor pendukung dari Kepala sekolah sangat mensupport kegiatan�kegiatan yang diajukan untuk pembelajaran PAI. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana praktikum ibadah dan dari siswa itu sendiri yang terkadang malas dalam menghafal ayat-ayat al quran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:51
Last Modified: 28 Jun 2022 02:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8634

Actions (login required)

View Item View Item