IMPLEMENTASI METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 8 CIPUTAT

Diaz, Arya Dimaskara (2022) IMPLEMENTASI METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 8 CIPUTAT. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2020 terjadi suatu penyebaran virus corona atau Covid–19 memberikan tantangan pada dunia, pendidikan ,khususnya proses pembelajaran pada lembaga pendidikan di Indonesia. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020, tentang Pembatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB) dalam rangka penanganan Covid–19. membuat proses pembelajaran pada seluruh pendidikan di indonesia, melakukan pembelajarang daring terkhususnya pada tempat penelitian peneliti yakni SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, data yang diperoleh bersumber dari 2 guru Pendidikan Agama Islam dan 1 siswa dan 1 siswi, sedangkan data sekunder berupa berupa foto dan dokumentasi dalam waktu yang tlah ditentukan oleh peneliti, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan peneliti, wawancara beberapa sumber data yang ingin di wawancarai, dan dokumentasi sebagai penguat dari penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dan kredibilitas dan dengan tringulasi data. Hasil penelitian, menunjukan bahwa metode penugasan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat pada masa pandemi. Penerapan metode penugasan dalam pembelajaran daring dilaksanakan dengan praktek, lisan dan tulis melalui media Video Call melalui Aplikasi WhatsApp, Power Point, Group WhatsApp, Video, dan Google Classroom. Adapun faktor pendukungnya adalah fasilitas yang memadai dan kesiapan guru yang baik, begitupun faktor penghambat adalah sebagian siswa tidak mengerjakan tugas dan kurangnya mendapatkan motivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:47
Last Modified: 15 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8587

Actions (login required)

View Item View Item