KREATIVITAS GURU PAI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 125 JAKARTA BARAT

Muchlisin, Muchlisin (2022) KREATIVITAS GURU PAI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 125 JAKARTA BARAT. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan karakter siswa salah satunya adalah kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam. Dan implementasi kreativitas yang membentuk karakter seorang siswa agar memiliki pendidikan memainkan peranan yang sangat penting dalam memelihara eksistensi setiap bangsa di dunia sepanjang zaman, karena tujuan penelitian ini adalah bahwa pembentukan dan peningkatan proses nilai-nilai pendidikan karakter di SMP 125 Jakarta dibentuk melalui 3 metode yaitu, Pembiasaan, Kedisiplinan, dan Keteladanan oleh pendidik, tenaga kependidikan dan ruang lingkup keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Kepala sekolah SMP Negeri 125 Jakarta, Guru PAI, dan siswa/i yang ditetapkan berdasarkan urgensi dalam data penelitian. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kasus. Teknik analisis data meliputi langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (Verifikasi data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMP Nergeri 125 Jakarta Barat adalah pembentukan dan peningkatan proses nilai-nilai pendidikan karakteristik di SMP Negeri 125 Jakarta Barat dibentuk melalui 3 metode yaitu, Pembiasaan, Kedisiplinan dan Teladan oleh pendidik, tenaga kependidikan dan keluarga dirumah. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan pendidikan karakter adalah Kemampuan setiap pendidik dalam bijaksana dan memahami dan mengajar sesuai dengan setiap perbedaan psikis, mental, kejiwaan, emosional dan tangkah laku dari para peserta didik serta untuk faktor penghambat dalam peningkatan pendidikan karakter memumpuni kemampuan psikis, Mental dan Kejiwaan peserta didik yang dapat mempengaruhi tingkat kempuan menerima informasi pelajaran dan pendidikan dari keluarga, sekolah dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:31
Last Modified: 09 Jun 2022 08:31
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item View Item