UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 25 BEKASI

FARRA, AFRILIA (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 25 BEKASI. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Upaya guru pendidikan agama islam dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil yang dicapai siswa meliputi nilai, tingkah laku, dan ilmu. Oleh karena itu, pihak nantinya akan menghasilkan siswa yang berkompeten, berilmu dan bertaqwa. Guru hendaknya memahami prinsip-prinsip bimbingan dan menerapkan pengarahan atau mengarahkan siswa kepada hal-hal yang sesuai dengan ajaran agama islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seorang guru dalam mengajar harus dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dan menumbuhkan motivasi belajar siswa yang diajarnya. Motivasi di dalam kegiatan belajar mengajar merupakan kekuatan yang dapat menjadi tenaga pendorong bagi siswa untuk mendayagunakan potensi-potensi yang ada pada dirinya dan potensi diluar dirinya untuk mewujudkan tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 25 Bekasi yaitu, guru sebagai pemimpin belajar, guru sebagai fasilitator belajar, guru sebagai motivator, guru sebagai pemberi inspirasi belajar, guru sebagai contoh (suri teladan), guru sebagai moderator belajar, guru sebagai evaluator, dan guru sebagai pengelola belajar, (2) Hambatan-Hambatan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 25 Bekasi yaitu, kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam, pengaruh dari teman sebaya, dan kurangnya jam mata pelajaran pendidikan agama islam. (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 25 Bekasi sudah diterapkan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu, pemberian nilai berdasarkan proses dan hasil belajar siswa, mengadakan kompetisi, memberikan pujian, memberikan hukuman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengadakan ulangan, dan pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:17
Last Modified: 09 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item