EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA ONLINE PADA KELAS VI DI MI ALWATHONIYAH 1

Khairunissa, Khairunissa (2021) EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA ONLINE PADA KELAS VI DI MI ALWATHONIYAH 1. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan penguasaan atau keyakinan diri yang tinggi dengan kondisi pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran menjadi online, hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap Efikasi diri (self-efficacy) diri siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efikasi diri (self-efficacy) siswa MI Al-Wathoniyah 1 pada pembelajaran matematika secara online serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Efikasi diri (self-efficacy) pada pembelajaran matematika secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan Subjek penelitian ini terdiri dari satu orang Guru kelas VI dan tiga orang siswa Kelas VI di MI Al-Wathoniyah 1. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kategori kemampuan tinggi memiliki Efikasi diri (self-efficacy) yang tinggi. Siswa dengan kategori kemampuan menengah memiliki keyakinan atau Efikasi diri (selfefficacy) yang cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran matematika secara online. Adapun siswa dengan kemampuan rendah memiliki Efikasi diri (selfefficacy) yang rendah dan memiliki keraguan dalam menyelesaikan tugas, karena dengan keterbatasan siswa dalam memahami materi yang diajarkan pada pembelajaran matematika secara online. Faktor –faktor yang mempengaruhi Efikasi diri (self-efficacy) yaitu: sifat dari tugas yang dihadapi, intensif eksternal, status atau peran individu dilingkungan, dan informasi tentang kemampuan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:17
Last Modified: 09 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8579

Actions (login required)

View Item View Item