HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN PERILAKU BULLYING DI MI ASSA’ADIYAH AT TAHIRIYAH JAKARTA TIMUR

SARI, FATHU RAHMAH (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN PERILAKU BULLYING DI MI ASSA’ADIYAH AT TAHIRIYAH JAKARTA TIMUR. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan angka tindak kekerasan, Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam kelompok kedua tertinggi dengan angka kekerasan berkisar 4,85 – 6,55 %. Salah satu kasus kekerasan yang banyak terjadi adalah kasus bullying. Kurangnya kemampuan siswa usia Sekolah Dasar dalam mengendalikan emosi dengan cara yang dapat diterima norma, menyebabkan siswa menjadi mudah terpengaruh dengan perilaku negatif seperti bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Assa’adiyah Attahiriyah Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasi. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kecerdasan emosi dan variabel dependen yaitu bullying. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa kelas VI MI Assa’adiyah Attahiriyah Jakarta Timur yang berjumlah 102 siswa yang terdiri dari kelas VI A, VI B dan VI C. Jumlah sampel sebanyak 95 siswa dari seluruh siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Non-probabilitas Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 2 angket penelitian yang terdiri dari beberapa butir soal pertanyaan variabel X (kecerdasan emosi) dan variabel Y (bullying). Teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis melalui teknik analisis korelasi Spearman’s Rank. Hasil analisis data nilai signifikansi adalah sebesar 0,682 lebih besar dari >0,05. Maka antar variabel tidak memiliki hubungan yang signifikan. Dengan itu Maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying pada siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Assa’adiyah Attahiriyah Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:06
Last Modified: 09 Jun 2022 04:06
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item