UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (Studi Kasus di SMPIT Asy-Syukriyyah Kota Tangerang)

Monica, Azhari (2021) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (Studi Kasus di SMPIT Asy-Syukriyyah Kota Tangerang). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPIT Asy-Syukriyyah Tangerang. Peneliti melakukan observasi awal menemukan para guru kurang memperhatikan model pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas, sehingga peserta didik menjadi tidak aktif di dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu menghasilkan berupa kata-kata atau bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan pada fakta yang di peroleh dari lapangan. Metode ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII serta mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peningkatan hasil belajar sebesar 3,7 %. yaitu nilai rata raport siswa smester ganjil 85,76. Sementara pada semester genap 88,92. Melalui model pembelajaran inkuiri siswa merasa nyaman dan siswa menjadi lebih aktif, kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan lain termasuk usaha guru PAI mencari sumber�sumber belajar seperti; buku mata pelajaran atau buku paket, penayangan video pembelajaran, mengadakan permainan. Semua ini memberikan motivasi kepada siswa, menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik dan melakukan evaluasi pembelajaran. Upaya-upaya peningkatan yang dilakukan guru PAI di SMPIT Asy-Syukriyyah Tangerang memberikan hasil yang baik dan hasil belajar siswa yang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 08 Jun 2022 09:34
Last Modified: 08 Jun 2022 09:34
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8572

Actions (login required)

View Item View Item