PELAYANAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASU DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)

NURUL, HAKIM (2021) PELAYANAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASU DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial, bergaul dengan lingkungan sosialnya merupakan kebutuhan seorang makhluk, sehingga pada diri manusia mempunyai naluri untuk berhubungan dengan lingkungannya. Salah satu hubungan antara manusia ialah interaksi sosial, interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu dimana perilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu lain atau sebaliknya. Kendala yang dihadapi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam perkuliahan adalah belum tersedianya fasilitas pelayanan yang dibutuhkan. Pelayanan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap mahasiswa dalam perkuliahan. Penelitian ini membahas tentang pelayanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini dapat dikategorikan kedalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, Field Research dan pendekatan konsep menggunakan tekhnik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan documenter. Setelah data didapatkan kemudian diolah dengan beberapa tekhnik yaitu editing dan interpretasi data. Selanjutnya semua data dianalisa menggunakan tekhnik deskriptif analitis. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelayanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu : (1) Karakteristik karakteristik hubungan sosial bersama Himakom FISIP dam Disabled Care Comunity, Jenis Tuna netra penglihatan jarak dekat atau low vision dan total, Kemandirian yang membutuhkan pertolongan orang-orang sekitar dan menggunakan angkutan umum untuk sampai ke kampus, dan dalam Proses Pembelajaran menggunakan laptop khusus yang ada pembaca layarnya dan menggunakan alat perekam suara. (2) Kebutuhan layanan Anak berkebutuan Khusus tunanetra DI Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu Fasilitas Akademik dan Aksesibilitas. Diantara Fasilitas Akademik yang dibutuhkan seperti volunteer (orang yang membantu), audio book, buku braille, buku digital atau e-book. Sedangkan Aksesibilitas yang diperlukan diantaranya, guilding block, braille penanda tiap-tiap ruangan dan audio penanda ketika didalam lift.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 May 2022 08:29
Last Modified: 31 May 2022 08:29
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item