PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL MANAR

Nadia, Isma Hidayati (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL MANAR. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan sebuah tolak ukur sejauh mana pemahaman siswa terkait materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh gurunya. Secara garis besar faktor yang memperngaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Namun di SMP Islam Al Manar Bekasi ini banyak siswa yang mendapatkan nilai mata pelajaran pendidikan agama islam dibawah KKM. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena di SMP Islam Al Manar Bekasi menggunakan model pembelajaran baru yaitu pembelajaran daring. sehingga baik buruknya nilai siswa tergantung pada baik atau tidaknya pembelajaran daring disana. Hal inilah yang menarik peneliti ingin meneliti apakah benar pembelajaran daring mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Al Manar Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Statistik Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik Angket. Serta dalam menganalisis datanya menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi sebesar r = 0,897 dan koefisien determinasi sebesar R = r 2 = 0,486. Pengujian signifikasi terhadap korelasi menunjukkan bahwa koefisien korelasi signifikan. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat pengaruh antara Metode Daring dengan Hasil Belajar dapat diterima. Artinya semakin baik Metode Daring seseorang akan diikuti oleh tingginya Hasil Belajar. Sementara itu, koefisien determinasi 0,486 menunjukkan bahwa 48,6% variasi Hasil Belajar dapat dijelaskan oleh variasi Metode Daring, sisanya sebanyak 51,4% ditentukan oleh faktor lain diluar Metode Daring.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 May 2022 08:28
Last Modified: 31 May 2022 08:28
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item