POLA PEMBINAAN ANAK ASUH DI ASRAMA DOMPET YATIM DAN DHUAFA (DOMYADHU) CIPUTAT TANGERANG SELATAN

MAHLIGA, FITRIANSYAH (2020) POLA PEMBINAAN ANAK ASUH DI ASRAMA DOMPET YATIM DAN DHUAFA (DOMYADHU) CIPUTAT TANGERANG SELATAN. Thesis (S2) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pola pembinaan di Asrama Dompet Yatim dan Dhuafa (Domyadhu) Ciputat; (2) faktor pendukung dan penghambat pembinaan di Asrama Dompet Yatim dan Dhuafa (Domyadhu). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian pengelola, pengasuh, dan anak asuh di Asrama Dompet Yatim dan Dhuafa (Domyadhu) Ciputat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pola pembinaan yang dilakukan di asrama Domyadhu Ciputat meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (a) Perencanaan, yang meliputi perekrutan anak asuh dan kurikulum yang sudah disiapkan (b) Pelaksanaan, yaitu pembinaan dalam pendidikan formal dan informal. Pendidikan formal, anak asuh sekolah di sekolah formal dekat dengan Asrama, sedangkan pendidikan informal adalah pembinaan yang dilakukan secara kontinuitas pada anak asuh mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Pendidikan informal ini berupa pendidikan spiritual dari kurikulum Domyadhu yang sudah disiapkan, membangun kebiasaan baik seperti sholat berjama’ah di masjid, membaca al-matsurat pagi petang, baca Al-Qur’an, taklim, dan membangun kemandirian melalui kegiatan sehari-hari seperti menyapu, mengepel, membersihkan kamar, angkat jemuran sendiri, membererskan pakaian, mencuci piring dan cuci sepatu sendiri. (c) Evaluasi, yaitu berupa pelaporan progress dalam format yang sudah disediakan oleh tim Pusat. (2) Faktor pendukung pembinaan di Asrama Domyadhu Ciputat adalah berupa perangkat kurikulum yang telah matang disiapkan, sistem perektrutan anak asuh dari rentang usia kelas 3 SD, sifat pembina yang lembut, penyayang dan menjadi tauladan, dan kedekatan antara anak asuh dan pembina asrama. Adapun faktor penghambatnya berupa kurangnya anggaran dana, kurangnya SDM dan penerimaan anak asuh dibawah rentang usia kelas 3 Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 May 2022 08:28
Last Modified: 31 May 2022 08:28
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item