ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelas XII MA Al-Muawanah Kabupaten Tasikmalaya)

Neng, Syifa Fauziah Nurafifah (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelas XII MA Al-Muawanah Kabupaten Tasikmalaya). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Munculnya pandemi COVID-19 sangat berpengaruh pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sistem pembelajaran yang awalnya tatap muka diganti menjadi pembelajaran daring. Disisi lain, karakteristik PAI bukanlah sekedar pelajaran yang berfokus pada transfer pengetahuan saja melainkan ada peran guru sebagai role model dan pengejawantahan nilai-nilai keislaman yang harus diamati langsung dalam keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi COVID-19 di Kelas XII MA Al-Muawanah Kabupaten Tasikmalaya. Alasan pemilihan lokus penelitian ini dikarenakan unik, yaitu karakteristik sekolah yang berada di perkampungan dengan jumlah siswa kelas XII sebanyak 11 orang namun berakreditasi A. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara semi terstruktur, dan analisis dokumen. Responden yang dipilih terdiri dari siswa, guru-guru PAI, dan para pemangku kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan pada proses pembelajaran secara daring di MA Al-Muawanah Kabupaten Tasikmalaya, yaitu dengan meggambungkan peserta didik dalam satu aplikasi yang selanjutnya guru dapat menyampaikan materinya. Baik dalam menggunakan aplikasi google classroom, face book messenger, group whatsapp, dan zoom. Faktor-faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring di MA Al-Muawanah Kabupaten Tasikmalaya dibatasi berdasarkan perspektif guru, siswa, dan kepala sekolah: dapat berkonsultasi melalui online, memacu daya kreatif siswa dalam menyampaikan dan menggunakan aplikasi belajar, dan adanya motivasi yang diberikan guru kepada peserta didik. Sedangkan Faktor-faktor Hambatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring di MA Al-Muawanah Kabupaten Tasikmalaya dibatasi berdasarkan perspektif guru, siswa, dan kepala sekolah: kurangnya minat peserta didik dalam menggunakan aplikasi belajar, tidak semua perangkat dapat menggunakan aplikasi yang digunakan dan signal yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 27 May 2022 01:26
Last Modified: 27 May 2022 01:26
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8484

Actions (login required)

View Item View Item