UPAYA GURU KELAS IV DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN TADABBUR PADA SISWA KUTTAB QURANUNA BOJONGSARI DEPOK

Mutia, Pawitri (2022) UPAYA GURU KELAS IV DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN TADABBUR PADA SISWA KUTTAB QURANUNA BOJONGSARI DEPOK. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pelajaran tadabbur yang diajarkan di Kuttab Quranuna mengintegrasikan konten mata pelajaran IPA dan akhlak. Untuk mencapai tujuan pembelajaran maka dibutuhkan sebuah strategi yang baik. Pendekatan pembelajaran yang digunakan di Kuttab Quranuna berbeda dengan sekolah lainnya. Maka upaya guru menjadi point terpenting pada penelitian ini, karena tidak sembarang orang mampu mengajarkan mata pelajaran taddabur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil dua orang narasumber. Yang terdiri dari guru kelas IV sekaligus koordinator kurikulum iman, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya-upaya guru kelas IV dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran tadabbur yaitu dengan Persiapan Mental dan spiritual, Pembuatan RKK (Rencana Kegiatan Kuttab), dan Evaluasi Pembelajaran. Dalam proses belajar tadabbur juga dapat dijumpai dengan beberapa kendala yang dihadapi yaitu kemampuan orang tua yang belum mampu dalam mendapingi anaknya belajar tadabbur dirumah. Adapun solusinya yaitu pihak sekolah rutin memberikan kajian�kajian mata pelajaran tadabbur serta kajian-kajian penanaman iman dan pembiasaan adab kepada orang tua serta mengoptimalkan BBO (Belajar Bareng Orang tua).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 25 May 2022 01:02
Last Modified: 25 May 2022 01:02
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item