PENGARUH METODE RITME OTAK (MRO) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA MADRSAH ALIYAH SUNANUL HUSNA CIPUTAT TANGGERANG SELATAN

SAVIRATU, SYAHDIANI (2022) PENGARUH METODE RITME OTAK (MRO) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA MADRSAH ALIYAH SUNANUL HUSNA CIPUTAT TANGGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam menghafal Al-Qur‟an adalah belum digunakan metode menghafal yang tepat sehingga belum tercapainya kemampuan menghafal Al-Qur‟an. Terdapat banyak pilihan metode yang dapat dipergunakan oleh pendidik agar para siswa mampu memiliki kemampuan menghafal Al-Qur‟an sesuai yang diharapkan. Salah satunya yaitu Metode Ritme Otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Ritme Otak terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an di Madarasah Aliyah Sunanul Husna Ciputat Tanggerang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa Madarasah Aliyah Sunanul Husna yang berjumlah 244 siswa. Populasi terjangkau sejumlah 61 dari seluruh kelas 12 yang terdiri dari 3 rombongan belajar. Sampel penelitian sejumlah 40 siswa dari dua rombongan belajar yaitu kelas 12 a dan kelas 12b. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Thitung = 6,698 > P-value 0,000 artinya H0 ditolak. Jadi terdapat pengaruh Metode Ritme Otak Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an di Madrasah Aliyah Sunanul Husna Ciputat Tanggerang Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 25 May 2022 01:02
Last Modified: 25 May 2022 01:02
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8477

Actions (login required)

View Item View Item