KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT BUYA HAMKA

TEGUH, NUR THOYIB (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT BUYA HAMKA. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah-masalah sosial dan penyimpangan karakter di masayarakat dan di sekolah. Dengan begitu penting adanya Pendidikan Karakter dan nilai-nilai Pendidikan Karakter menurut tokoh Buya Hamka sebagai penunjang mengkarakteerkan seseorang. Oleh karaena itu perlu adanya penelitian unutk mengkaji lebih dalam Konsep Pendidikan Karakter menurut Buya Hamka. Penelitian ini berjudul “Konsep Pendidikaan karakter menurut Buya Hamka”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter yang ada di dalam karya-karya beliau dan impelementasi nya dengan pendidikan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode kualitatif deskriptif. Data primer penelitian ini adalah buku karya-karya Buya Hamka meliputi, tasawuf modern, pribadi hebat, falsafah hidup, lembaga hidup, ayahku dan karya-karya beliau lainnya. Sedangkan data sekunder yaitu berasal dari referensi buku, jurnal, karya�karya ilmiah dan tokoh-tokoh pendidikan selain Buya Hamka. Berdasarkan temuan dan hasil analisis terhadap karya-karya buya hamka tentang pendidikan karakter, diketahui bahwa karya-karya beliau memuat berbagai bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi, kejujuran, ikhlas, berani, bijaksana, kesehatan tubuh dan jiwa, toleransi, disiplin, komunikatif, semangat, dan peduli lingkungan yang terdapat pada karya-karya buku Buya Hamka secara keseluruhan dapat di implementasikan pada pendidikan saat ini

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:20
Last Modified: 31 Mar 2022 01:20
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8449

Actions (login required)

View Item View Item