UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERWUDHU SISWA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS 2 SDN JOGLO 05 PAGI DI MASA PANDEMI COVID-19

KURMANENGSIH, KURMANENGSIH (2022) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERWUDHU SISWA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS 2 SDN JOGLO 05 PAGI DI MASA PANDEMI COVID-19. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini utuk mengetahui Upaya Meningkatkan Pemahaman Berwudhu Siswa Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif (PTK) di Kelas 2 SDN Joglo 05 Pagi Kembangan, Jakarta Barat”, yaitu 1) Untuk mengetahui penggunaan multimedia Interaktif di kelas 2 SDN Joglo 05 Pagi Kembangan, 2) Untuk mengetahui pemahaman Berwudhu siswa di Kelas 2 SDN Joglo 05 Pagi Kembangan. Penelitan ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan cara 1) Merencanakan, 2) Melaksanakan, 3) Merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipasi dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi yaitu gabungan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitianya adalah siswa Kelas 2 SDN Joglo 05 Pagi tentang upaya meningkatkan pemahaman berwudhu siswa melalui penggunaan multimedia interaktif. Peneliti melakukan proses penelitian kepada siswa Kelas 2 SDN Joglo 05 Pagi. Hasil penelitan yang ditemukan; Kemampuan wudhu siswa dalam menghapal bacaan wudhu dan ketepatan dalam melakukan gerakan berwudhu pada saat Pra Siklus kemampuan siswa dalam menghafal bacaan doa selesai berwudhu adalah 64% kurang 20% cukup 8% baik dan 8% sangat baik sedangkan hasil pra siklus melakukan gerakan berwudhu dalam kategori kurang yaitu 76% cukup sebesar 12% baik sebesar 12% dan sangat baik sebesar 0%. Kemudian setelah dilakukan kegiatan pada siklus 1 hasil yang ditunjukkan pada kemampuan menghafal bacaan wudhu adalah adalah 0% persen kurang, 4% cukup 16% baik 80% sangat baik sedangkan hasil siklus 1 kemampuan melakukan gerakan wudhu 0% dalam kategori kurang 4 persen cukup, baik 16% dan sangat baik 80%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 1 terjadi peningkatan kemampuan berwudhu siswa terjadi peningkatan dalam menghafal bacaan doa setelah berwudhu mendapat nilai sangat baik mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 100% dan kemampuan ketepatan dalam gerakan berwudhu dengan benar semua siswa mencapai nilai skor 100%.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:20
Last Modified: 31 Mar 2022 01:20
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8443

Actions (login required)

View Item View Item