POLA KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DENGAN WALI SANTRI DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QUR’AN I’DAAD SD SHIGOR PUTRI TANGERANG

IIS, ISTIQOMAH (2022) POLA KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DENGAN WALI SANTRI DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QUR’AN I’DAAD SD SHIGOR PUTRI TANGERANG. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi antara Guru dan Wali santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an I‟daad SD Shigor Putri Tangerang. Pesantren ini merupakan pondok pesantren anak- anak berusia Sekolah Dasar yang dititipkan kedua orang tuanya untuk belajar ilmu agama, umum dan khususnya bertujuan agar seorang anak menjadi penghafal Al-Qur‟an. Fokus Penelitian ini adalah pola komunikasi antara guru dengan Wali santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an I‟daad SD Shigor Putri Tangerang. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi efektif yang dibangun guru dengan wali santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an I‟daad SD Shigor Putri Tangerang. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu Pengasuh Pesantren, wali kamar, wali kelas, wali halaqoh, serta para wali santri. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku, data para guru, dokumen dan arsip pesantren. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pola komunikasi yang dilakukan antara guru dengan wali santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an I‟daad SD Shigor Putri Tangerang adalah pola komunikasi interpersonal interaktif (2) Pola komunikasi yang diterapkan antara guru dengan wali santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an I‟daad SD Shigor Putri Tangerang merupakan pola komunikasi yang sudah berjalan efektif. Hal itu terlihat dengan adanya komunikasi yang memperhatikan aspek-aspek penting yang harus ada dalam sebuah pola komunikasi yang efektif, yaitu (1) respect (saling menghargai); (2) empathy (mengetahui situasi dan kondisi); (3) audible (dapat didengar); (4) clarity (kejelasan dan keterbukaan); dan (5) humble ( rendah hati).

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:20
Last Modified: 31 Mar 2022 01:20
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item