STRATEGI PENGASUHAN DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SANTRI YANG BERAKHLAK KARIMAH (Studi kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an I’daad SD Shigor Putra, Cipondoh Tangerang)

Dwi, Eva Rosaria (2022) STRATEGI PENGASUHAN DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SANTRI YANG BERAKHLAK KARIMAH (Studi kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an I’daad SD Shigor Putra, Cipondoh Tangerang). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dasar peraturan pengasuhan, strategi pengasuhan dan hambatan serta solusi yang digunakan dalam meningkatkan kepribadian santri yang berakhlak karimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, teknik dan instrument pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an I’daad SD Shigor Putra, Cipondoh Tangerang T.P 2021/2022. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dan analisis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Dasar peraturan pengasuhan dalam meningkatkan kepribadian santri yang berakhlak karimah yaitu dari visi, misi dan Daqu Methode yang mengacu pada standart operasional prosedur yang ada di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an I’daad SD Shigor Putra Cipondoh Tangerang. Strategi yang digunakan dengan keteladanan, nasihat, latihan, larangan, hukuman, hadiah dan pengawasan selain itu ada nya pembiasaan. Sedangkan hambatan kurangnya kesadaran pedidik, santri dan pola asuh yg berbeda dengan wali santri sedangkan solusi yang dilakukan yaitu adanya pembinaan terhadap pendidik maupun santri dan adanya program sinergi tiga pilar.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:10
Last Modified: 22 Mar 2022 01:10
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8423

Actions (login required)

View Item View Item