Strategi Komunikasi Politik Iwan Rahayu Dalam Kampanye Pemilu DPRD Kota Tangerang Selatan 2019

Hari Eko Purwanto, Eko (2019) Strategi Komunikasi Politik Iwan Rahayu Dalam Kampanye Pemilu DPRD Kota Tangerang Selatan 2019. Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (191kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
3. Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (66kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (287kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hari Eko Purwanto NPM : 2015960016 Judul : Strategi Komunikasi Politik Iwan Rahayu dalam Kampanye Pemilu DPRD Kota Tangerang Selatan 2019 Pembimbing : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si Penelitian ini bertujun untuk menggambarkan tentang Strategi Komunikasi Politik Iwan Rahayu dalam Kampanye Pemilu DPRD Kota Tangerang Selatan 2019. Pesan Politik Iwan Rahayu dalam Kampanye Pemilu DPRD Kota Tangerang Selatan 2019. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Iwan Rahayu dalam Kampanye Pemilu DPRD Kota Tangerang Selatan 2019. Menggunakan teori-teori yang relevan yaitu teori komunikasi politik, pesan komunikasi politik, faktor pendukung dan faktor Penghambat. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif, metode penelitian bersifat deskriptif. Berdasarkan Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Strategi kampanye yang gencar dilakukan oleh Iwan Rahayu yakni strategi kampanye langsung. Kunjungan dan silaturrahim dilakukan tim sukses dan Iwan Rahayu ke setiap kampung dengan menghadiri beberapa kegiatan di kampung tersebut. Selain itu kampanye door to door juga masih diterapkan oleh caleg Iwan Rahayu. Kampanye group discussion dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok diskusi kecil yang fokus membicarakan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Kampanye massa tidak langsung juga dilakukan melalui media cetak, baliho dan spanduk. Kedua, Pesan politik yang sama selalu Iwan Rahayu sampaikan pada saat kampanye yakni komitmen membantu masyarakat sudah terbukti yaitu pembangunan di dapil 2 Pamulang selama 10 Tahun pengabdian. Segala kebutuhan masyarakat itulah visi misi dari Iwan Rahayu jika terpilih menjadi anggota DPRD Kota Tangerang Selatan. Program Unggulan Iwan Rahayu yang ditawarkan kepada masyarakat yakni masyarakat sejahtera, infrastruktur baik dan biaya kesehatan terjangkau. Ketiga, Faktor pendukung pada saat melakukan kampanye langsung yakni jaringan yang dimiliki Iwan Rahayu sudah cukup luas. Faktor penghambat ketika tim sukses melakukan kampanye tidak langsung yakni tidak semua tim memiliki kinerja dan loyalitas yang sama. Faktor penghambat lain yakni karakteristik masyarakat yang bersifat pragmatis yakni memilih caleg karena money politic yang diberikan sebelum hari pencoblosan. Kata Kunci : Komunikasi Politik, Pesan Komunikasi Politik, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat Sumber : 30 Buku, 3 Tesis, 1 Jurnal, 9 Website ABSTRACT Name : Hari Eko Purwanto NPM : 2015960016 Title : Iwan Rahayu's Political Communication Strategy in the 2019 South Tangerang City DPRD Election Campaign Mentor : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si This study aims to describe the Political Communication Strategy of Iwan Rahayu in the 2019 South Tangerang City DPRD Election Campaign. The Political Message of Iwan Rahayu in the 2019 South Tangerang City DPRD Election Campaign. Supporting Factors and Inhibiting Factors of Iwan Rahayu in the 2019 South Tangerang City DPRD Election Campaign. Relevant theories namely political communication theory, political communication messages, supporting factors and inhibiting factors. The research approach uses qualitative, descriptive research methods. Based on the discussion of the results of the study showed that First, Iwan Rahayu's intensive campaign strategy was a direct campaign strategy. The visit and friendship were carried out by the successful team and Iwan Rahayu to each village by attending several activities in the village. In addition, the door to door campaign is still being implemented by legislative candidate Iwan Rahayu. Group discussion campaigns are conducted by forming small discussion groups that focus on discussing the problems being faced by the community. Indirect mass campaigns are also carried out through print media, billboards and banners. Second, the same political message is always delivered by Iwan Rahayu during the campaign namely the commitment to help the community has been proven, namely the development in electoral area 2 Pamulang for 10 years of service. All community needs are the vision and mission of Iwan Rahayu if elected as a member of the South Tangerang City DPRD. The Iwan Rahayu Flagship Program offered to the community is a prosperous community, good infrastructure and affordable health costs. Third, the supporting factors at the time of the direct campaign namely Iwan Rahayu's network was quite extensive. The inhibiting factor when a successful team conducts an indirect campaign ie not all teams have the same performance and loyalty. Another inhibiting factor is the pragmatic characteristics of the community, namely choosing candidates because of the political money given before the voting day. Keywords : Political Communication, Political Communication Message, Supporting Factors, Inhibiting Factors Source : 30 Books, 3 Theses, 1 Journal, 9 Websites

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM)
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:17
Last Modified: 23 Nov 2022 08:17
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8417

Actions (login required)

View Item View Item