Strategi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya MI Nurul Iman Ciledug Kota Tangerang Di Era Pandemi Covid-19

Siti, Lisdiyanti (2022) Strategi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya MI Nurul Iman Ciledug Kota Tangerang Di Era Pandemi Covid-19. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan guru dan keterampilan siswa dalam pembelajaran SBDP di sekolah dasar. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tentunya beberapa tantangan dan kendala dirasakan dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini pembelajaran SBDP dilakukan secara online atau jarak jauh. Dengan demikian, pembelajaran memerlukan strategi, metode, dan media pembelajaran yang tepat atau bahkan dapat berkolaborasi dengan baik agar pembelajaran mencapai tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada Pembelajaran SBDP di Sekolah Dasar terlihat bahwa kreativitas dan semangat siswa dalam proses pembelajaran SBDP mengalami penurunan, penggunaan teknologi terkadang menjadi kendala dalam proses pembelajaran SBDP, dan proses pembelajaran online membuat pembelajaran tidak sepenuhnya efektif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran SBDP yang mencakup keterampilan siswa di Era Pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran seni budaya di MI Nurul Iman meliputi proses pertemuan pembelajaran baik online maupun offline, mendemonstrasikan dan memberi contoh kepada siswa berupa praktik, penyampaian materi secara lisan, mengajukan pertanyaan, menggunakan aplikasi pembelajaran. seperti Whatsapp, google classroom, google meet, dan media seni yang digunakan untuk latihan. Dan keterampilan siswa juga diperoleh melalui kegiatan yang membangun kreativitas siswa di sekolah dengan membuat kerajinan tangan yang tentunya dibimbing oleh guru dan orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:45
Last Modified: 15 Mar 2022 04:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item