PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS MUHAMMADIYAH 1 CIPUTAT

Siti, Shofiyah (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS MUHAMMADIYAH 1 CIPUTAT. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru, selanjutnya dianalisis secara statistik dengan teknik analisis regresi ganda menggunakan program SPSS Versi 21.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data variabel supervisi kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru didapat melalui data kuesioner, yang telat diuji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalan uji t , uji f dan analisis regresi ganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y) menghasilkan angka t observasi sebesar 0,874>0,691 (t tabel) artinya nilai kepemimpinan kepala sekolah (X1) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y), besar pengaruhnya yaitu sebesar 0,55 artinya besarnya varian kinerja guru yang dipengaruhi kepemimpinan kepala sekolah sebesar 55%, (2) pengaruh supervisikepala sekolah (X2) menghasilkan angka t observasi sebesar -1,085>0,297 (t tabel) artinya nilai supervisi kepala sekolah (X2) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) besar pengaruhnya yaitu sebesar 0,83 artinya besarnya varian kinerja guru yang dipengaruhi supervisi kepla sekolah sebesar 83% dan (3) uji pengaruh supervisi kepala sekolah (X1) dan kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap kinerga guru (Y) dari uji Anova diperoleh Fhitung sebesar 2,153 dengan tingkat signifikansi <0,159, sementara Ftabel sesuai dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,788 sehingga Fhitung>Ftabel (2,153>1,788) artinya secara statistik data yang digunakan untuk membuktikan bahwa semua variabel bebas (kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah kepala sekolah) berpengaruh terhadap nilai kinerja guru. Atau dengan kata lain kepemimpinan kepala sekolah (X1), supervisi kepala sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). Keputusannya adalah menolak Hipotesis nol dan menerima Hipotesis alternatif. Artinya nilai koefisien regresi ganda kepemimpinan kepala sekolah (X1), supervisi kepala sekolah (X2), secara bersama-sama berbeda dengan nol. Sehingga kepemimpinan kepala sekolah (X1), supervisi kepala sekolah (X2), secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru (Y).

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 14 Mar 2022 09:10
Last Modified: 14 Mar 2022 09:10
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item