FAKTOR-FAKTOR INTERNAL SISTEM PEMASARAN BANK SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN PRODUK DEPOSITO (STUDI KASUS DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK)
Hamli, Syaifullah FAKTOR-FAKTOR INTERNAL SISTEM PEMASARAN BANK SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN PRODUK DEPOSITO (STUDI KASUS DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK). [Lampiran BKD]
Text
Tesis Hamli Syaifullah.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Pesatnya persaingan antar bank yang ada di Indonesia, menuntut adanya inovasi pemasaran yang harus dilakukan oleh bank syariah, agar bisa bersaing dengan bank lainnya di Indonesia—baik sesama bank syariah ataupun bank konvensional. Salah satu produk yang sangat gencar dipasarkan adalah deposito syariah, khususnya untuk PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Karena deposito bagi PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk., menjadi salah satu dana jangka panjang. Sehingga PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk., bisa menginvestasikan di proyek-proyek jangka panjang, dengan tingkat keuntungan yang lebih besar. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan deskriptif�kuantitatif pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk., tentang pemasaran deposito. Seperti yang kita ketahui bahwa produk deposito di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk., mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Inilah yang menjadi salah satu latar belakang penulis ingin meneliti pemasaran deposito di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apakah yang paling dominan mempengaruhi peningkatan produk deposito di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Penelitian ini menggunakan analisis faktor dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows, yang bertujuan untuk mengetahui salah satu variabel yang paling kuat dari delapan (8) variabel yang terdiri dari: Kemampuan Produksi (X1), Keuangan (X2), Personal (X3), Prinsip Syariah (X4), Produk (X5), Harga (X6), Promosi (X7), Distribusi (X8). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dengan cara menyebar angket ke responden sebanyak 70 orang, dengan jumlah populasi 233 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (HO) pada penelitian ini ditolak, berarti semua variabel dugaan, yaitu Kemampuan Produksi (X1), Keuangan (X2), Personal (X3), Prinsip Syariah (X4), Produk (X5), Harga (X6), Promosi (X7), Distribusi (X8), mampu mempengaruhi peningkatan produk deposito di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk., di seluruh Cabang Jakarta Selatan. Variabel yang paling kuat berpengaruhnya adalah variabel Promosi dengan nilai 0,870. Tingginya variabel promosi, diduga bahwa PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk., memang sengaja melakukan promosi besar-besaran untuk memasarkan produk deposito. Karena, produk deposito menjadi salah satu pendanaan jangka panjang, yang dapat diinvestas
Item Type: | Lampiran BKD |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 08:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 08:01 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8346 |
Actions (login required)
View Item |