STRATEGI GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI (Studi Kasus di MTs Ats-Tsuur Cianjur)
Bergas, Banjaransari Utomo (2021) STRATEGI GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI (Studi Kasus di MTs Ats-Tsuur Cianjur). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Terpuji (Studi Kasus di MTs Ats-Tsuur Cianjur). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 30 siswa dan wawancara kepada beberapa pihak yang ada di MTs Ats-Tsuur Cianjur. Analisis data yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan membuat presentase dari angket siswa untuk mencari kesimpulan dengan menggunakan tabulasi distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Guru Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Terpuji (Studi Kasus di MTs Ats-Tsuur Cianjur) berupa peraturan madrasah dan mendengarkan nasehat-nasehat yang selalu disampaikan oleh para guru. Khususnya guru agama islam, dengan menerapkan strategi seperti keteladanan, nasehat, pendekatan, hukuman dan pembiasaan. Implementasi guru dalam pembentukan akhlak terpuji yaitu membiasakan para siswa untuk shalat berjama’ah yang fardhu, shalat sunnah, berdoa, dan membaca Asmaul Husna bersama-sama. Faktor pendukung guru agama islam dalam pembentukan akhlak terpuji yaitu guru sangat memberi teladan dan memperhatikan siswa serta wali kelas juga sangat aktif memperhatikan karakter para siswanya. Apabila ketika ada siswa yang kurang baik akhlaknya, guru bekerja sama oleh pihak konseling madrasah atau wali siswa untuk memperbaiki siswa yang kurang baik akhlaknya. Sedangkan faktor penghambat terdapat empat faktor yaitu siswa pindahan yang mempunyai perrmasalahan di madrasah asalnya, kurangnya pembatasan bergaul dengan lingkungan di luar madrasah, kurangnya buku paket serta minimnya tingkat pemahaman siswa dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 08:04 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 08:04 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7923 |
Actions (login required)
View Item |