UPAYA GURU DALAM MEMPERTAHANKAN HASIL BELAJAR IPA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD LAB SCHOOL FIP UMJ

MIRANTI, ARDIANI AMRILLAH (2021) UPAYA GURU DALAM MEMPERTAHANKAN HASIL BELAJAR IPA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD LAB SCHOOL FIP UMJ. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan upaya guru dalam mempertahankan hasil belajar IPA siswa selama masa pandemi Covid-19, 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa selama masa pandemi Covid-19, dan 3) untuk mendeskripsikan kesulitan dan hambatan belajar IPA siswa selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SD Lab School FIP UMJ terhadap tiga guru perempuan dan satu kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan dalam mempertahankan hasil belajar terbagi menjadi 5 yaitu dengan menggunakan aplikasi yang mendukung, menggunakan metode belajar yang bervariasi, menyiapkan desain bahan ajar, terdapat beberapa kendala yang dialami guru dan cara guru dalam menangani siswa yang belum mengerti materi. 2) Hasil belajar IPA siswa di SD Lab School FIP UMJ masih di atas nilai KKM walaupun masih ada beberapa siswa yang mengalami perubahan nilai. 3) kesulitan dan hambatan belajar siswa yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dimana faktor ini berasal dari siswa itu sendiri seperti kondisi kesehatan, kondisi mood siswa saat belajar. Dan faktor eksternal berasal dari kondisi sinyal yang kurang stabil dan faktor orang tua

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:49
Last Modified: 16 Feb 2022 07:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item