PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ANNIDA AL ISLAMY JAKARTA BARAT

AKROM, BAWAFIE (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ANNIDA AL ISLAMY JAKARTA BARAT. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi terdapat pada kompetensi guru dalam hasil belajar siswa pada mata pelajarn Fiqih di Madrasah Aliyah Annida Al Islamy Jakarta. Terdapat banyak kompetensi guru yang dapat digunakan oleh pendidik agar siswa mampu memahami mata pelajarn Fiqih dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Annida Al Islamy Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Annida Al Islamy Jakarta yang berjumlah 535 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel berjumlah 179 siswa dari seluruh kelas 10 yang terdiri atas lima rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 72 siswa dari satu rombongan belajar yaitu kelas X IPS (1) dan X IPS (2). Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrument utama. Teknik analisis data menggunakan uji korelasional dan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (29,28 > 1,688) pada =0,05. artinya H0 diterima dengan R sebesar 0,980. Jadi pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar Fiqih sebasar 98,0%. Dengan demikian terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Annida Al Islamy Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:43
Last Modified: 04 Feb 2022 08:43
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7368

Actions (login required)

View Item View Item