HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT MATAHARI

Jenny, Putri Ajeng (2021) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT MATAHARI. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Keluarga merupakan tempat dimana siswa melakukan sosialisasi untuk yang pertama kalinya dan lingkungan pertama dalam pembentukan kepribadian kemampuan anak. Orang tua yang kurang/tidak memperhatikan pendidikan anaknya, misalnya mereka acuh tak acuh terhadap belajar anaknya, dapat menyebabkan anak tidak/kurang berhasil dalam belajarnya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji Hubungan Antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA kelas V di SDIT Matahari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional peneliti menggunakan uji statistik korelasional untuk mendeskripsikan dan mengukur derajat keterkaitan atau hubungan antara dua variabel atau lebih, atau beberapa set skor dan teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan angket. Hasil dari penelitian ini yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPA. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi hubungan lingkungan keluarga seorang siswa maka akan semakin rendah hasil belajar IPA nya. Sebaliknya, semakin rendah hubungan lingkungan keluarga seorang siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar IPA nya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:09
Last Modified: 02 Feb 2022 03:09
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item