PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS LIMA MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAMIYAH DEPOK
Fiska, Febiantie (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS LIMA MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAMIYAH DEPOK. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Kendala yang masih sering dijumpai siswa dalam ketidak tercapainya kriteria ketuntasan minimun (KKM) adalah kurangnya kreatifitaas guru dalam menerapkan model pembelajaran, ada beberapa model pembelajaran yang digunakan para ahli agar para siswa mampu memliki hasil belajar yang memuaskan. Salah satuny adalah model pembelajaran Inkuiri, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V di MI Hayatul Islamiyah Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan tipe quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen (Kelas V A) yang berjumlah 23 siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dan kelompok kontrol (Kelas V B) dengan jumlah 23 siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay sebagai intrument utama. Teknik anasilis data menggunakan t-test, yaitu membandingkan rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa hasil uji hipotesis T-test Sig. (2- tailed) yaitu sebesar (0,115 > 0,05), artinya Ho diterima dan Ha ditolak dalam penggunaan model pembelajaran Inkuiri. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuri pada hasil belajar siswa kelas V MI Hayatul Islamiyah Depok.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 08:05 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 08:05 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7312 |
Actions (login required)
View Item |