Penerapan PDCA Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pemeriksaan Klaim Baterai Sepeda Motor Matik di PT.XYZ

Casban, Casban and Umi Marfuah, Umi Marfuah (2021) Penerapan PDCA Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pemeriksaan Klaim Baterai Sepeda Motor Matik di PT.XYZ. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2021. pp. 1-10. ISSN 2579-6429

[img] Text
11 Casban _ Prosiding IDEC UNS 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. XYZ sebagai manufaktur dan distributor sepeda motor matik. Hasil proses pemeriksaan klaim baterai masih ditemukan klaim yang ditolak dengan beban biaya klaim sebesar Rp. 15.840.000,00. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor penyebab tingginya klaim baterai dan meningkatkan kualitas proses pemeriksaan untuk menurunkan biaya klaim. Desain penelitian dengan deskriptif eksploratif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, diskusi, dokumentasi dan kajian literatur. Teknik analisis data menggunakan diagram pareto, diagram sebab akibat dan analisis 5W+1H. Tahapan kegiatan perbaikan kualitas menggunakan PDCA. Berdasarkan hasil analisis bahwa faktor penyebab tingginya klaim baterai dipengaruhi dari kemampuan teknisi, komponen baterai, prosedur kerja, alat ukur dan cara pemakaian. Untuk meningkatkan kualitas proses pemeriksaan dengan mengadakan pelatihan, pemeriksaan secara disiplin, membuat standar operasional prosedur, standarisasi alat ukur dan edukasi kepada konsumen. Setelah perbaikan dengan penerapan PDCA dapat meningkatkan kualitas proses pemeriksaan klaim baterai dan dapat menurunkan biaya klaim sebesar Rp. 6.480.000,00.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering / Fakultas Teknik > S1 Industrial Engineering / Teknik Industri
Depositing User: cs cs
Date Deposited: 31 Jan 2022 00:44
Last Modified: 31 Jan 2022 00:44
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item