PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 SEHINGGA TERCIPTA ANAK YANG CERDAS ( STUDI KASUS WALI MURID KELAS VA ) SDN KEMANGGISAN 08 PAGI KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT)

DWI, NURYANI (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 SEHINGGA TERCIPTA ANAK YANG CERDAS ( STUDI KASUS WALI MURID KELAS VA ) SDN KEMANGGISAN 08 PAGI KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran di SDN Kemanggisan 08 Pagi khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Perubahan proses belajar mengajar yang sebelumnya dilaksanakan secara bersama-sama dikelas menjadi dirumah masing-masing secara online, mengharuskan adanya penyesuaian terhadap beberapa aspek, salah satunya pemilihan model pembelajaran melalui media online yang akan dipakai. Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian data yang di gunakan penelitan yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan reduction, display, dan verification. Penelitian ini akan menjelaskan berbagai macam persoalan-persoalan yang berkenaan dengan pokok permasalahan yang di kaji. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui daring di masa pandemi covid 19 sehingga tercipta anak yang cerdas (Studi Kasus Wali Murid Kelas VA SDN Kemanggisan 08 Pagi Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat). Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh yaitu peran orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui daring di masa pandemi covid 19 sehingga tercipta anak yang cerdas (Studi Kasus Wali Murid Kelas VA SDN Kemanggisan 08 Pagi Kecamatan Palmerah Jakarta Barat) dilakukan dengan berperan sebagai pengawas, pembimbing, fasilitator, dan motivator dalam belajar. Orang tua sebagai pendidik, pembimbing,fasilitator dan motivator agar anak dapat belajar dengan baik dan meningkat, terkontrol dengan baik serta fasilitas yang memadai untuk menunjang belajar Pendidikan Agama Islam anak yang dilaksanakan secara daring.vii Dan berbagai kendala yang dihadapi orang tua pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring diantaranya: (1) sinyal internet yang terkadang susah; (2) kuota yang mahal; (3) kurang bisa penuh dalam mendampingi anaknya; (4) Orang tua kurang memahami materi, sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak; (5) tidak adanya hanphone, sehinga perlu bertanya kepada temannya secara langsung.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 12 Jan 2022 09:18
Last Modified: 12 Jan 2022 09:18
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7232

Actions (login required)

View Item View Item