PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI IBADAH SALAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS II SDN PEJATEN TIMUR 07 DI MASA PANDEMI COVID-19

KUSDARWATI, KUSDARWATI (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI IBADAH SALAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS II SDN PEJATEN TIMUR 07 DI MASA PANDEMI COVID-19. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran tatacara shalat dan bacaannya serta menanalisis faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksananan pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kemampuan ibadah salat pada masa pandemi covid-19. Merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 30 peserta didik kelas II SDN Pejaten Timur 07 pada semester II tahun 2020-2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode E�learning dapat meningkatkan kemampuan ibadah salat apabila peserta didik memiliki sikap disiplin dalam mengikuti pembelajaran, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, keaktifan peserta didik dapat menggunakan aplikasi e-lerning sampai pembelajara selesai, kerja sama serta kejujuran. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran diantaranya teknologi yang kurang mendukung seperti terputusnya jaringan internet pada saat pembelajaran, orangtua tidak selalu dapat mendampingi anak selama proses pembelajaran karena alasan bekerja dan lainnya. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode e-learning diantaranya pemberian motivasi yang terus menerus dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik, sehingga ada kesemangatan menghafal bacaan-bacaan salat, penggunaan media belajar yang sesuai, kuota internet yang cukup, serta tingkat pendidikan orangtua

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 12 Jan 2022 09:18
Last Modified: 12 Jan 2022 09:18
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7231

Actions (login required)

View Item View Item