DESAIN PRAKTIKUM QIRAAH, IBADAH, DAN KITABAH BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Widia, Winata and Hayun, Muhammad (2021) DESAIN PRAKTIKUM QIRAAH, IBADAH, DAN KITABAH BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. RISETMU.

[img] Text
Laporan Kemajuan RISETMU.pdf

Download (201kB)

Abstract

Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Selama masa pandemi covid-19 mata kuliah ini diajarkan secara daring oleh para dosen dengan menggunakan satu media yakni zoom meeting. Untuk mengumpulkan tugas akhir, dosen menggunakan google drive karena padatnya data yang dikirimkan tidak cukup hanya melalui email saja. Hal inipun sulit bagi dosen untuk melihat bagaimana ketercapaian belajar mahasiswa, apalagi ibadah yang mengharuskan mempraktekkan gerakan secara benar. Jika mata kuliah lain menggunakan sistem e-Campus yang dikoordinasikan oleh fakultas, maka mata kuliah ini tidak masuk ke dalam sistem e-Campus sehingga proses pembelajaran tidak terkoordinir dengan baik. Selama proses pembelajaran daring, tidak ada panduan yang digunakan secara seragam oleh para dosen. Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah juga belum memiliki bahan ajar atau modul yang mampuni sesuai dengan kebutuhan mahasiswa per program studi. Selama ini dosen mengambil bahan secara acak dari tarjih Muhammadiyah yang ada. Oleh karena itu perlu didesain Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah berbasis blended learning agar semua aktivitas pembelajaran dapat terkoordinir dalam satu sistem atau Learning Management System (LMS). Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah berbasis blended learning dengan memasukkan modul digital dan video pembelajaran serta aktivitas belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa FIP UMJ. Desain tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dan dosen di FIP UMJ dalam mata kuliah Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah untuk Semester Ganjil Tahun 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan mengacu pada model Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Sesuai dengan tahapan ADDIE tersebut maka teknik pengumpulan data dilakukan dengan mix method yakni secara kualitatif diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Secara kuantitatif diperoleh dari instrumen ketercapaian belajar mahasiswa yang dilihat dari skor yang diperoleh setelah mempelajari materi Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah. Analisa data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif sederhana dengan teknik keabsahan data kualitatif mengacu pada triangulasi data, perpanjangan keikutsertaan, dan sharing pakar. Subjek yang menjadi sumber data berasal dari unsur dosen dan mahasiswa. Dosen pengampu mata kuliah Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah sebanyak 10 orang dosen dan mahasiswa sebanyak 39 mahasiswa (3 kelompok). Masa penelitian berlangsung satu tahun sejak diawalinya proses pembelajaran mata kuliah Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah Semester Ganjil Tahun 2020/2021 di bulan Februari 2021 sampai Semester Ganjil Tahun 2021/2022 di bulan Februari 2022. Luaran yang dihasilkan berupa artikel jurnal Sinta 1 (Studia Islamika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), modul, desain, dan Haki. Kata Kunci: desain, praktikum qiraah, ibadah, dan kitabah, blended learning

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Muhammad Hayun
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:38
Last Modified: 12 Jan 2022 01:38
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7225

Actions (login required)

View Item View Item