UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH BERSAMBUNG MATA PELAJARAN PAI KELAS 2A SDN PONDOK PINANG 08 MELALUI E-LEARNING VIDIO PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19

SITI, AMINAH (2021) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH BERSAMBUNG MATA PELAJARAN PAI KELAS 2A SDN PONDOK PINANG 08 MELALUI E-LEARNING VIDIO PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung melalui penerapan e-learning pada masa pandemi di Sekolah Dasar Negeri Pondok Pinang 08 Jakarta Selatan, dimana pada saat pendemi orang tua sebagai guru di rumah mengalami kesulitan, mereka tidak mampu mengawasi dan mengajarkan huruf hijaiyah bersambung kepada putra-putrinya. sehingga belajar kurang maksimal. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanakaanya langsung di lapangan berupa pembelajaran daring melalui penerapan e-learning dengan aplikasi zoom, google form,youtube serta whatsapp group. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2A dengan jumlah 30 siswa Sekolah Dasar Negeri Pondok Pinang 08 Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa kondisi pra siklus pengenalan huruf hijaiyah bersambung dengan menggunakan aplikasi zoom meet dan whatsapp nilai rata-rata kelas peserta didik hanya 71 dengan ketuntasan 50%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama dengan menambahkan aplikasi pembelajaran e�learning dengan aplikasi zoom meet,whatsapp dan youtube mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata kelas menjadi 76,8 dengan persentase ketuntasan 70%, dan selanjutnya pembelajaran pada siklus kedua meningkat dengan menggunakan aplikasi zoom meet,whatsapp,youtube dan google form menjadi 82 dengan persentase Pemahaman siswa menjadi 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas peserta didik kelas 2A Sekolah Dasar Negeri Pondok Pinang 08 Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 30 Dec 2021 09:07
Last Modified: 30 Dec 2021 09:07
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item