MENUMBUHKAN MINAT MELAKSANAKAN SHALAT LIMA WAKTU MELALUI METODE STORY TELLING

ICIH, TARSIH (2021) MENUMBUHKAN MINAT MELAKSANAKAN SHALAT LIMA WAKTU MELALUI METODE STORY TELLING. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara jelas tentang pengaruh penggunaan metode story telling untuk menumbuhkan minat belajar melaksanakan shalat siswa kelas III di SDN Pondok Pinang 03 pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya langsung dilapangan berupa pembelajaran online melalui aplikasi zoom meeting, google meet, vois not, video coll, atau video canference, dan tanyangan berupa video-video pembelajaran melalui whatsapp group. Obyek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pondok Pinang 03 Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021 sampai denga Agustus 2021, yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan secara online melalui virtual google meet. Hasil dari penelitian tindakan kelas dapat digambarkan sebagai berikut, kegiatan penelitian diawali dengan melakukan observasi pengumpulan data dan dokumentasi dengan hasil pengujian pra siklus dengan rata-rata minat belajarnya hanya 39%, oleh karena itu perlu dilakukan tindakan kelas. Setelah menemukan masalah kesulitan yang dialami anak dalam meningkatkan minat shalatnya, kemudian dilakukan tindakan yang direncanakan, melakukan pengamatan, stimulasi dan refleksi. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan intervensi metode story telling terjadi peningkatan minat belajar rata-rata 55% pada siklus 1 dan selanjutnya dilakukan siklus 2 yang menghasikan rata-rata 77% dari seluruh aspek yang diamatinya, ternyata melebihi dari sasaran yang diharapka yaitu 75%. Dengan demikian penelitian ini sudah dianggap berhasil dan penelitian dihentikan sampai siklus II, terlihat dengan adanya peningkatan prosentasi dari setiap aspek minat belajar untuk melaksankan shalat siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan tindakan kelas melalui pembelajar metode story telling sangat membantu kesulitan-kesulitan dalam peningkatan minat belajar melaksanakan shalatsiswa kelas III SDN Pondok Pinang 03 dengan maksimal. faktor pendukung yang mendukung penelitian ini bisa berjalan dengan baik sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa untuk melaksanakan shalat diantaranya dengan adanya fasilitas yang mendukung sehingga peneliti bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk berkomunikasi lebih intens dengan siswa, sehingga hasil penelitian ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 30 Dec 2021 09:06
Last Modified: 30 Dec 2021 09:06
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7165

Actions (login required)

View Item View Item