STRATEGI PENGASUH PESANTREN DAN PENINGKATAN KEMANDIRIAN SANTRI SERTA KEMAMPUAN MENGHAFAL Al QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Qur’an Yatim-Piatu & Dhu’afa Al�Lathifah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi)

ACENG, BADRUZZAMAN (2019) STRATEGI PENGASUH PESANTREN DAN PENINGKATAN KEMANDIRIAN SANTRI SERTA KEMAMPUAN MENGHAFAL Al QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Qur’an Yatim-Piatu & Dhu’afa Al�Lathifah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi pengasuh pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri dan kemampuan menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Qur’an Yatim-Piatu dan Dhu’afa Al-Lathifah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Pembahasannya dilatar belakangi oleh pentingnya sebuah strategi dalam proses pendidikan dan pengajaran di sebuah lembaga khususnya pondok pesantren, karena dengan perencanaan strategi yang baik dari para pengasuh pesantren dapat membantu lembaga sosial dan dakwah seperti pesantren untuk menangani kondisi yang berubah, membantu untuk merumuskan dan menyelesaikan isu-isu penting yang dihadapi, membantu membangun kekuatan dan menarik manfaat dari peluang-peluang penting, sementara di lain pihak dapat juga mengurangi apa yang merupakan kelemahannya atau menghindari ancaman serius. Penelitian ini menggunakan menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, bertujuan untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang ditemukan terkait strategi pengasuh pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri dan kemampuan menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Qur’an Yatim-Piatu dan Dhu’afa Al-Lathifah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian ini mendukung pendapat Fred R. David (1986) yang menyatakan bahwa dalam sebuah strategi setidaknya harus ada tiga komponen yang saling mendukung, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tiga komponen tersebut senantiasa dilakukan oleh para pengasuh Pondok Pesantren Qur’an Yatim-Piatu dan Dhu’afa Al-Lathifah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dalam meningkatkan kemandirian santri serta kemampuan menghafal Al Qur’an. Disamping itu, ada beberapa faktor pendukung yang menjadi penunjang dalam proses peningkatan kemandirian santri dan kemampuang menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Qur’an Yatim-Piatu dan Dhu’afa Al-Lathifah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, diantaranya: a). Peran aktif KH. Ahmad Sochi dan para pengasuh pesantren, b). Sarana dan Prasarana yang memadai, c). Adanya proses pembelajaran yang baik dan berkualitas, d). Adanya interaksi yang baik antara santri dan pengasuh pesantren, e) Adanya kerukunan diantara pimpinan dan para pengasuh pesantren, f). Motivasi yang tinggi dari para santri dalam berbagai kegiatan, dan g). Adanya dukungan dari masyarakat di sekitar pesantren.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:22
Last Modified: 28 Dec 2021 08:22
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item