HUBUNGAN METODE MURAJA’AH dan TEST KENAIKAN JUZ TERHADAP HASIL CAPAIAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI SMA DAARUL QUR’AN PUTRI CIKARANG

Rani, Rani (2019) HUBUNGAN METODE MURAJA’AH dan TEST KENAIKAN JUZ TERHADAP HASIL CAPAIAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI SMA DAARUL QUR’AN PUTRI CIKARANG. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan metode muraja’ah dan tes kenaikan juz terhadap hasil capaian hafalan Alquran santri kelas 11 SMA Daarul Quran Putri Cikarang. Dari hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bahwa dari kegiatan muraja’ah dan tes kenaikan juz mampu memberikan pengaruh positif terhadap hasil capaian hafalan alquran yang diperoleh. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes, kuesioner dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data kegiatan muraja’ah dan tes kenaikan juz. Kuesioner digunakan sebagai alat yang berisi instrumen penilaian dengan rubrik penilaian yang sudah menjadi standar dalam penilaian tahfizh. Didapat hasil bahwa setelah diterapkannya kegiatan muraja’ah dan tes kenaikan juz, hasil capaian hafalan anak-anak mampu memperoleh capaian yang ditetapkan. Santri dikatakan lulus apabila nilai hasil capaian hafalan Alquran ≥ 70. Diperoleh untuk santri yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 35 orang, sehingga kriteria lulus sebesar 66%. Diperoleh pula hubungan masing-masing variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perolehan nilai korelasi yaitu untuk metode muraja’ah dan tes kenaikan juz masing-masing korelasinya yaitu 0,64, 0,50 dan 0,65. Dapat dikatakan bahwa korelasi keduanya dengan kriteria kuat dan sedang. Sehingga uji hipotesis berbunyi Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat hubungan yang positif untuk kedua variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat. Untuk hasil t-tes nya pun juga signifikan yaitu bernilai 5,95 dan 4,23 sehingga dari hasil ini bisa digeneralisasikan ke populasi. Untuk menguji signifikasi antar variabel digunakan uji regresi tunggal untuk masing-masing variabel. Untuk dua variabel bebas yang digunakan bersama-sama menggunakan regresi ganda. Diperoleh hasil regresi tunggal bahwa muraja’ah lebih tinggi hubungan nya dalam menentukan hasil capaian hafalan alquran dibandingkan tes kenaikan juz.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:22
Last Modified: 28 Dec 2021 08:22
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7156

Actions (login required)

View Item View Item