KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM ALQURAN (Studi Tafsir Tematik)
Rizky, Suryadi Putra (2019) KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM ALQURAN (Studi Tafsir Tematik). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
TESIS.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Peserta didik secara formal adalah orang yang sedang berada ada fase pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun psikis, pertumbuhan dan perkembangan merupakan ciri dari seorang pserta didik yang perlu bimbingan dari seorang pendidik. Kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh peserta didik masih banyak terjadi di dunia pendidikan. Dalam Alquran banyak ayat-ayat tentang karakter peserta didik. Namun, untuk memperoleh informasi tentang karakter peserta didik tersebut memerlukan analisis yang lebih mendalam sehingga tidak mudah diaplikasikan begitu saja ke dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk menganalisis karakter peserta didik dalam Alquran serta menganalisis relevansi peserta didik dalam Alquran dengan 18 nilai dalam pendidikan karakter versi kemendiknas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode “Library Research” atau telaah pustaka. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ayat-ayat Alquran yang mengandung karaker peserta didik diantaranya adalah QS. Al-Baqarah: 30-35, QS. Al-Baqarah: 67-71, QS. Al-An‟a>m: 130, QS. Al-Kahfi: 60-82, QS. Al-Ankabu>t: 39-40, QS. Ash-Shaffa>t: 99-107, QS. Al-Hujura>t: 1-5, QS. Al-Muja>dalah: 11, QS. Al-Qiya>mah: 16-19, QS. „Abasa: 1-10. (2) Karakter peserta didik dalam Alquran secara umum terdiri atas karakter positif dan negatif. Karakter positifnya adalah ikhlas, jujur, sabar, cerdas, religius, memiliki rasa ingin tahu, taat, demokratis, hormat dan santun serta semangat dalam menuntut ilmu. Karakter negatifnya adalah tergesa-gesa, memotong perkataan guru ketika sedang menyampaikan pembelajaran, meninggikan suara, lupa, banyak bertanya, ingkar dan sombong. (3) Relevansi antara karakter peserta didik dalam Alquran dengan karakter peserta didik dalam 18 Nilai Pendidikan Karakter versi Kemendiknas adalah keduanya sama-sama ingin membentuk karakter peserta didik yang positif. Namun yang membedakan diantara keduanya adalah nilai-nilai karakter positif yang ingin dibentuk.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 08:21 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7155 |
Actions (login required)
View Item |