IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN

HAMIDAH, HAMIDAH (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter, implementasi nilai-nilai karakter, hambatan dan solusi yang dihadapi oleh pihak sekolah, terutama guru mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Khazanah Kebajikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Khazanah Kebajikan serta rangkaian aktivitas yang dikerjakan. Teknik pengumpulan data menggunaka wawancara kepada guru aqidah akhlak, kepala sekolah, bagian kurikulum, pengecekan dokumen berupa RPP dan melakukan observasi di kelas VIII yang disertai dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tahap perencanaan menyajikan proses mempersiapkan RPP dan bahan ajar. RPP yang dibuat dengan memuatkan nilai-nilai karakter di dalamnya dan akan berkembang pada saat proses pembelajaran yang sesuai dengan keadaan kelas. (2) tahap pelaksanaan menyajikan proses pembelajaran, mulai dari langkah pembelajaran, media dan metode sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (3) penjelasan secara lengkap tentang penerapan nilai-nilai karakter. (4) tahap penilaian dilakukan pada tahap proses, yaitu meihat sikap siswa selama berlangsung dan tahap hasil, yaitu kegiatan pembelajaran yang memacu pada aspek kognitif, (5) hambatan yang dihadapi antara lain yaitu kurangnya kerja sama siswa antara guru, siswa selalu kembali keasrama saat jam pelajaran setelah istirahat, kurangnya kesadaran siswa dalam melakukan upacara bendera, shalat dhuha jamaah, dan (6) solusi yang diberikan untuk mengatasi hambatan tersebut dengan membiasakan karakter religius, menegur siswa jika melakukan kesalahan, memberikan sanksi kepada siswa supaya tidak mengulanginya lagi, mengunci asrama supaya tidak ada siswa yang kembali saat jam pelajaran belum selesai, jam tambahan dan remedial.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:21
Last Modified: 28 Dec 2021 08:21
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item View Item