STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIZH AL QUR’AN UNTUK SANTRI BERBEASISWA (Studi Pada Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus I Putra Cinagara, Bogor Dan Takhassus Putri II Cikarang, Bekasi)

ABDUL, ROSID (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIZH AL QUR’AN UNTUK SANTRI BERBEASISWA (Studi Pada Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus I Putra Cinagara, Bogor Dan Takhassus Putri II Cikarang, Bekasi). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pesantren Daarul Qur‟an takhassus adalah pesantren yang berada dibawah naungan PPPA DaaruL Qur‟an yang didirikan untuk mewadahi para santri penghaafal al-Qur‟an yang secara kehidupan tergolong orang-orang yang tak mampu dalam pembiayaan pendidikan di Pesantren, namun memiliki keinginan kuat untuk belajar terutama dalam menghafal al-Qur‟an oleh karnannya pesantren daarul Qur‟an mereka dengan seleksi masuk yang mungkin tidak mudah karna perekrutannya menyeluruh kesemua daerah di Indonesia yang akan banyak melibatkan banyak calon santri, secara tidak langsung pesantren Daarul Qur‟an takhassus ini pasti memiliki strategi khusus untuk pengelolaan pesantren dibidang al-Qur‟an, terlebih lagi pesantren ini mencanangkan lulusan-lulusanya memiliki hafalan al-Qur‟an 30 juz secara mut‟qin. Adapun tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui proses /pola perekrutan santri yang berada di berbagai daerah di Indonesia 2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran tahfizh al-Qur‟an di Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus 3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam tahfizh al-Qur‟an di Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus 4) Untuk mengetahui solusi apa saja yang dilakukan dalam tahfizh al-Qur‟an di Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus . Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2019. Subjek dari penelitian ini adalah Pengasuh (kyai) Pondok Pesantren. Informan dari penelitian ini adalah asatidz, dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Strategi Pembelajaran Tahfizh al-Qur‟an Qur‟an yang dilakukan di Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Takhassus dalah: a) mushafahah (face to face), yaitu umpan balik antara guru dan murid. b) takrir, yaitu hafalan dengan bimbingan guru dan disetorkan kepada guru. c) muroja‟ah, yaitu dengan mengulang hafalan bersama-sama santri yang lain. d) mudarosah, yaitu, santri menghafal dengan bergantian dengan teman yang lain. e) tes yaitu, tes hafalan untuk mengetahui kelancaran hafalan santri. Kedua, hambatan�hambatan yang dihadapi meliputi: a) munculnya sifat malas pada diri santri; b) adanya perasaan boring atau jenuh dengan aktifitas yang agak menoton; c) kesulitan santri dalam menghafal; d) kelelahan santri ketika menghafal; e) lupa terhadap ayat-ayat yang telah dihafal dan f) kurangnya perhatian orang tua untuk muroja‟ah. Ketiga, Solusi yang dilakukan antara lain: a) menjadwal semua kegiatan harian santri; b) selalu memotifasi santri untuk menghafal; c) pengawasan yang ketat terhadap santri; d) menerapkan sanksi�sakgsi bagi santri yang melanggar tata tertib.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:14
Last Modified: 24 Dec 2021 07:14
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7111

Actions (login required)

View Item View Item