Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Penerapan Strategi PAIKEM di SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang).

ROJALI, ROJALI (2019) Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Penerapan Strategi PAIKEM di SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keragaman yang multikultural dan strategi guru dalam menanamkan nilai�nilai pendidikan multikultural di SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru maupun kepala sekolah dan staf-staf sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang multikultural dalam sebuah lembaga pendidikan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yang akan dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa nilai multikultural yang diterapkan di SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang, diantaranya: nilai inklusif (terbuka), nilai mendahulukan dialog (aktif), nilai toleransi, nilai tolong menolong dan nilai keadilan (demokratis). Adapun strategi guru SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang dalam menanamkan nilai-nilai multikultural, diantaranya: a) mempersiapkan proses perencanaan pembelajaran yang baik, b) menghargai keberagaman yang ada di sekolah, c) belajar dalam perbedaan, dan d) memotivasi dan membimbing siswa dalam melakukan kegiatan toleransi dari agama yang beragam. Disamping itu, ada beberapa faktor penghambat yang menjadikan strategi guru tersebut tidak berjalan dengan baik, diantaranya: a) adaptasi para siswa pada awal masuk sekolah, b) tingkat kemampuan dan kematangan emosional siswa yang tidak sama, dan c) adanya sifat guru yang cenderung kurang terbuka dalam mencoba metode pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:02
Last Modified: 23 Dec 2021 02:02
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item View Item